Inilah Batu yang Masuk Kategori Permata – BATU AKIK
MULIA

Inilah Batu yang Masuk Kategori Permata

RUBY yang dikating dan diikat dengan emas. DESIGN BY batuakik.fajar.co.id

batuakik.fajar.co.id-Tidak semua batu masuk dalam kategori batu permata. Hanya beberapa jenis saja yang masuk dalam kategori ini, serta memiliki nilai jual yang tinggi.

Batu permata merupakan batu yang diproses secara alami atau geologi, baik di dalam tanah, di dalam gua, perbukitan, di lautan, maupun di pegunungan. Proses pembentukannya selama bertahun-tahun oleh beberapa unsur kimia. Sehingga lahirlah apa yang disebut dengan batu permata.

Khusus untuk Indonesia ada beberapa jenis batu yang masuk dalam kategori batu permata, yaitu; intan berlian, ini banyak terdapat di Pulau Kalimantan. Selain itu ada juga Kecubung.

ZAMRUD dengan ikatan emas putih berlapir berlian. Harganya mencapai miliaran rupiah. DESIGN BY batuakik.fajar.co.id

ZAMRUD dengan ikatan emas putih berlapir berlian. Harganya mencapai miliaran rupiah. DESIGN BY batuakik.fajar.co.id

Selain itu ada juga batu Kalimaya yang terdapat dari Lampung. Ada juga Batu Kecubung dari Tanjung Bintang. Selain tiga jenis batu ini, yang masuk dalam kategori batu permata adalah, Ruby, Safir dan Zamrud.

Batu permata biasanya dihitung dengan tingkat kekerasan yang berskala 1 sampai 10 skala mohs. Semakin tinggi tingkat kekerasannya maka semakin mahal harganya. Selain itu tinggi dan rendahnya harga batu permata, juga dipengaruhi beberapa faktor, misalkan tingkat transparans, serta warna yang dihasilkan.

Berikut beberapa batu yang masuk dalam kategori permata:

  1. Batu Intan Berlian
  2. Kecubung
  3. Kalimaya
  4. Ruby
  5. Safir
  6. Zamrud
  7. Yakut
  8. Marzan
1 Comment
To Top