Inilah Batu Akik Yang Akan Terus Bertahan Dengan Harga Yang Fantastic – BATU AKIK
AKIK

Inilah Batu Akik Yang Akan Terus Bertahan Dengan Harga Yang Fantastic

black-opal-jarong

batuakik.fajar.co.id— Meskipun trend batu akik mulai lesuh, namun para pedagang masi tetap optimis dengan mempertahankan batu-batu yang dinilainya mempunyai kualitas dari segi estetika dan keunikannya

Batu akik yang akan diprediskis bertahan lama bahkan sepanjang masa adalah batu yang dari zaman dahulu suda terkenal dan telah menjadi incaran para kolektor semenjak batu akik belum mem-booming.  Jenis batu-batu ini yang telah lama menjadi kebutuhan asesoris bagi penggunannya, dan bukan sekedar untuk mengikuti trend batu akik.

Karena jenis batu yang muncul sekedar mengikuti trend, maka batu tersebut berlahan harganya akan terjun bebas mengikuti trend yang menurun. Berikut Batu Mulia yang akan tetap eksis dengan harga fantastic sepanjang masa.

  1. Batu Kalimaya. Batu Kalimaya Adalah batu mulia yang bukan termasuk batu permata, Di Indonesia Batu Kalimaya yang paling terkenal dimancanegara adalah batu kalimaya Asal Banten. nilai estetikanya suda terkenal lama semenjak batu belum mem-booming di Nusantara, sehingga pada tahun 80-an, Batu Kalimaya Banten dieksplorasi oleh pengusaha-pengusaha Australia untuk dipatenkan pada pasar-pasar batu mulia di Negara kanguru tersebut. Dari dahulu hingga sekarang batu Kalimaya Banten tidak pernah mengalami penurunan harga dan juga tidak mengalami kenaikan harga.batu kalimaya
  2. Batu Bacan (Chrysocola in Chalsedony), Batu Bacan belakangan ini namanya cukup terkenal bahkan masi menjadi primadona hingga sekarang. Namun batu bacan bukan baru terkenal pada masa-masa awal membooming, tetapi suda dikenal lama, bahkan ke mancanegara. Batu asal Pulau Bacan Halmahera ini juga pernah menjadi sasaran empuk para pengusaha batu mulia asal Taiwan puluhan tahun lalu, Namun di Indonesia batu ini baru terkenal semenjak awal batu mulai mem-booming. Berbeda dengan batu kalimaya yang mempunyai harga yang konsisten, batu bacan mempunyai harga yang relative, namun Sampai saat ini batu bacan masi mempunyai harga yang tinggi, kuhusunya batu bacan yang kelas super, sehingga sulit diprediksi penurunan harganya. dan ini akan menjadi barometer, bahwa Batu bacan tetap bertahan dengan harga tersebut.

    Batu Bacan Doko

    Batu Bacan Doko

  3. Batu Pancawarnah, dinamakan batu Panca warnah karena mempunyai karakteristik dengan kombinasi lima warnah, namun ada juga yang enam warnah tuju warnah dan seterusnya. Batu Panca warna terdapat hampir disemua daerah di Indonesia , namun yang paling diminati dari dahulu hingga sekarang adalah batu panca warnah yang mempunyai motif-motif pemandangan. Sehingga dari segi estetika, batu ini cukup mahal dari dahulu hingga sekarang. Batu Pancawarnah hanya terkenal di Indonesia, dan jarang di eksplorasi ke mancanegara, karena setiap Negara berpotensi menghasilkan batu jenis ini.

    BATU Pancawarna. ilustrasi

    BATU Pancawarna. ilustrasi

  4. Batu Gambar, Batu Gambar termasuk juga yang paling diminati dari dahulu hingga sekarang. Harganya pun relative tergantung gambar yang tertera di dalamnya. Semakin jelas gambarnya, semakin tunggi harganya. Batu Gambar juga berbagai macam, ada yang berbentuk huruf, kaligrafi, dan lainnya. Dan Batu Gambar termasuk batu yang lankah sehingga batu ini cukup mahal. dan akan terus bertahan tanpa mengenal berakhrinya trend batu akik.

    BATU akik bergambar naga. DESIGN BY batuakik.fajar.co.id

    BATU akik bergambar naga. DESIGN BY batuakik.fajar.co.id

  5. Selain empat Batu Mulia di atas, ada juga Batu permata yang sampai saat ini masi bertahan sebagai kebutuhan  asesoris, seperti Batu Ruby, Batu Diamond, Batu Safir, Topaz, Chyrisoberil, Cubic Zirconia. Batu permata ini suda dari zaman dahulu dan suda di akui  oleh badan internasional, sehingga Batu permata tidak mengenal trend atau musiman. dan harganyapun juga berdasarkan kesepakatan pasar internasional.

    Blue Safir. ILUSTRASI

    Blue Safir. ILUSTRASI

Untuk diketahui bahwa batu permata berbeda dengan batu mulia, batu Mulia kebanyakan di indonesia menyebutnya dengan sebutan batu akik, namun dalam ilmu geologi, batu mulia adalah batu akik. Yang mana proses pembentukannya memakan ribuan tahun didalam tanah sama halnya dengan batu permata. Namun dari segi skala mohs, batu permata mempunyai tingkat kekerasa pada skala 9-10. Sedangkan batu mulia 8 skala mohs kebawah. (radaksi/Edal)

Kunjungi Artikel Terkait :

Apa Perbedaan Batu Akik, Batu Mulia Dan Batu Permata?

Memukau! Pesona Naga Sui, Tak Kenal Maka Tak Sayang

Apa Itu Batu Meteor? ini Penjelasan Singkatnya

Apa Khasiat Batu Hajar Jahannam Untuk Kesehatan? Ini Informasinya

Ini Keunggulan Black Opal  Banten Dari Pada Batu Bacan Halmahera

Yellow Opal, Batu Mulia Dari Pulau Seram

Membantah Berita Kompas.com: Harga Batu Akik Terjun Bebas dari 10 juta menjadi 200 ribu

3 Comments
To Top