Ini 7 Ciri Utama Bongkahan Bacan Palsu Yang Terbuat dari Dempul Mobil – BATU AKIK
AKIK

Ini 7 Ciri Utama Bongkahan Bacan Palsu Yang Terbuat dari Dempul Mobil

dempul-mobil

Masyarakat pecinta batu dibuat semakin bingung. Bagaimana tidak, bongkahan batu Bacan Palsu mulai beredar luas di kalangan masyarakat.

Berdasarkan penelusuran kami kepada sejumlah tukang oles batu akik menunjukkan, ada lima ciri khusus bongkahan batu bacan palsu yang terbuat dari dempul mobil. Berikut liputannya:

  1. Kebanyakan Bongkahan Batu Bacan Palsu berwarna hitam dengan sedikit bintik atau sebaran warna hijau di permukaan batu. Bongkahannya kebanyak sudah dalam bentuk lempengan seperti tempe atau bungkus rokok.
  2. Warna hitam bongkahan Bacan Palsu bukan warna hitam yang menyala, melainkan warna hitam pudar.
IMG_20150510_132929

Batu Bacan Palsu. FOTO batuakik.fajar.co.id

  1. Meski Digosok di tukang batu, warna hitam maupun hijaunya tidak bisa mengkilap. Hal ini karena dempul mobil tidak bisa mengkilap, kecuali disemprotkan cairan yang biasanya digunakan untuk diko mobil supaya mengkilap.
  2. Di permukaan batu terlihat rongga-rongga kecil, atau pori-pori tidak beraturan. Pori-pori ini bisa dilihat dengan mata telanjang secara dekat, juga dengan kaca pembesar. Pori-pori ini ada, karena dempul mobil tidak akan bisa menjadi padat sebagaimana Batu Bacan asli.
  3. Jika digosok di tukang poles batu, air akan berubah warna menjadi hitam, dan tangan tukang gosok batu akan berwarna hitam, sebab zat pewarna luntur.
  4. Kotoran atau debu batu bacan palsu yang digosok menempel pada tangan. Ini karena dempul mobil adalah zat yang melengket pada tangan.
  5. Tidak akan tembus pandang, meski disenter dengan senter mobil. Kecuali beberapa bagian kecil bongkahan batu yang telah dicampurkan dengan pomade Tancho yang telah dibuat menjadi keras, sehingga seakan berwarna hijau Kristal yang mulai berubah.

Demikian. Semoga artikel ini membantu bisnis anda, dan rezki anda, dari tangan-tangan jahil, yang sengaja merusak tren batu akik saat ini. Tolong sebarkan artikel ini, supaya keluarga, kerabat, dan sahabat tidak tertipu.

BACA JUGA: Waspada!.. Batu Bacan Palsu Dibuat dari Bahan-Bahan Ini

1 Comment
To Top