Cara mudah mengenali keaslian Batu Ruby – BATU AKIK
MULIA

Cara mudah mengenali keaslian Batu Ruby

Foto: Bongkahan Ruby

batuakik.fajar.co.id— Maraknya batu akik palsu yang beredar di Indonesia membuat kita harus ekstra hati-hati dalam memilih batu akik yang hendak kita beli. berbagai macam cara mengenali batu akik asli dan palsu kini telah beredar di internet, namun masing-masing batu mempunyai cara penilaiannya sendiri.

Seperti halnya Batu Ruby. asal kata Ruby di ambil dari bahasa yunani “Ruben” yang artinya merah,  merupakan jenis batu akik yang masuk dalam jajaran jenis batu termahal di indonesia saat ini. hal ini kemudian membuat seseorang bisa saja memalsukan batu ini demi meraup keuntungan di tengah trendnya batu akik.  Berikut cara mengenali keaslian Batu Ruby di kutip dari berbagai sumber.

Foto: ilustrasi Ruby Plasu

Foto: ilustrasi Ruby Palsu

1. Ciri-ciri Batu Ruby Asli memiliki serat yang nampak di dalamnya, dengan serat-serat tersebut membuat Batu Ruby kelihatan tidak terlalu jernih apabila di senter, Seperti halnya kita mengenali batu akik lainnya yakni harus cermat melihat serat-serat yang berada dalam batu akik. karena pada umumnya batu mempunyai serat yang terbentuk secara alami. namun perlu di ketahui bahwa saat ini telah ada tekhnologi yang mampu meniadakan serat untuk Batu Akik.

2. Batu Ruby memiliki farian warna, namun lebih banyak berwarna merah, serta warnah lainnya adalah, ungu, dan orange. Akan tetapi Ruby yang sering kita temui di pasar lokal kebanyakan berwarnah merah,  maka sebagian orang menyebutnya Batu Akik Merah delima.

3. Pantulan cahaya jika di cermati menggunakan senter, maka Cahaya akan melewati fisiknya, terkadang cahaya ini akan memantulkan wujud Theree-Ray dan six poin star sebagai akibat dari adanya serat.

4. Halnya pengujian Jenis batu akik lainnya, yakni dengan menempelkan pada pipi, jika terasa dingin, maka itu Batu Asli, namun sebaliknya terasa hangat maka itu sintetis atau tiruan.

5. jika ingin menguji lebih jauh keasliannya, maka bisa menggunakan alat yang namanya presidum gem tester atau diamond selector II kedua alat ini anda bisa temukan di laboratirium penguji batu akik. (***)

 

Click to comment
To Top