Bongkahan Bacan Palsu Marak Beredar, Ini Ciri-Cirinya, Jangan Sampai Anda Tertipu – BATU AKIK
NEWS

Bongkahan Bacan Palsu Marak Beredar, Ini Ciri-Cirinya, Jangan Sampai Anda Tertipu

IMG_20150510_132929

batuakik.fajar.co.id-Untuk menggemar batu Bacan harus Waspada. Sekarang Banyak penemuan batu Bacan Palsu beredar di pasaran.

Baik dalam bongkahan maupun sudah dalam bentuk cincin. Untuk bongkahan ini ciri-cirinya:

  1. Keebanyakan Bongkahan batunya berwarna hitam dengan sedikit warna hijau, seperti hanya bintik-bintik.
  2. Apabila digosok di tempat gosok batu, debu akibat gosokan menempel pada tangan. Baik itu warna hitam maupun hijau. Ingat debu batu asli tidak menempel pada tangan. Saat kena air langsung hilang. Kalau batu Bacan Palsu, harus dicuci tangan berulang kali baru hilang, dan warnanya tetap menempel pada selat-selat tangan.
  3. Air di baskom tukang batu berubah warna menjadi hitam pekat, juga hijau apabila bongkahannya berwarna hijau. Ini karena zat dalam batu Palsu tersebut meresap dalam air. Beda dengan batu asli, yang mana zat batunya akan terurai memisahkan diri dari air.
  4. Ini adalah cirri yang paling mudah diketahui, yaitu kotoran atau debunya Lengket di tangan tukang gosok batu. Hal ini karena menggunakan zat pewarna dan bukan batu.
  5. Kebanyakan bongkahan batunya berwarna hitam, dengan sebaran bintik hijau yang sangat sedikit.
  6. Meskipun dogosok ulang-ulang namun tidak akan mengkilap. Padahal Batu Bacan meski warna hitam tetap mengkilap. Penampilannya lebih buruk dari batu Badar Besi atau yang disebut Hajar Jahanam di Ambon.
  7. Kami ulang lagi, batunya tidak mengkilap. Warnanya hitam pekat. Debu batu saat digosok melengket pada tangan.
  8. Terlihat dengan jelas pori-pori tidak beraturan pada batu Bacan Palsu. Jika digosok untuk menghilangkan pori-porinya, namun muncul lagi. Hal ini bukan karena batu berlubang, melainkan batu tersebut tidak padat. Tapi merupakan hasil sintetis.

BACA JUGA: Wah Bahaya! 24 Persen Pemilih Setuju Pemerintah Tarik Pajak dari Penjual Batu Akik

Lihat gambar di bawah ini, merupakan batu Bacan Palsu. Gambar ini kami ambil dari salah satu pengrajin batu akik di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Ia ikut menyampaikan ciri khas Batu Bacan Palsu.

bacan palsu

BATU Bacan Palsu. Lihat ciri-cirinya. FOTO batuakik.fajar.co.id

Kami akan menuliskan sebuah artikel pada Besok Hari Insya Allah, untuk mengungkap bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat Bacan Palsu. Hal ini agar penggemar batu akik, tidak tertipu dengan tangan-tangan jahil yang ingin merusak tren batu akik sekarang.

Kami menyarankan, jika hendak membli Batu Bacan, lebih baik beli langsung dari warga Maluku Utara dan Ambon.

Click to comment
To Top