Batu Green Opal, Asal-usul dan Sejarahnya – BATU AKIK
Ensiklopedia Batu Akik

Batu Green Opal, Asal-usul dan Sejarahnya

green-opal1

Nama              : Batu Green Opal

Asal                 : Australia, dan Ethiopia

Ciri-Ciri

Batu Green Opal memiliki warna yang khas yaitu hijau yang terpancar dari dalam kandungan batu. Warna hijaunya seperti bercak-bercak yang berkilau. Tingkat kekerasannya sekira 5 sampai 6,5 skala mohs.

Batu Green Opal termasuk batu yang mengandung silika. Namun terdapat kadar air yang berkisar antara 3 sampai 21 persen. Batunya memiliki karakter amorf (amorphous) atau non-crystalline solid. Sehingga Green Opal masuk dalam kategori mineraloid, atau batu yang tidak menunjukkan kristalinitas, dengan rumus kimia SiO2·nH2O Namun batu ini masuk dalam kategori batu mulia nasional Australia.

Asal-Usul

Umumnya batu Opal memiliki banyak warna. Yang paling langka adalah warna hitam yang terdapat di Provinsi Banten, Indonesia. Sedangkan Green Opal, banyak di pasaran yang diekspor oleh Australia dan Ethiopia.

Warna yang dihasilkan batu opal tergantung pada kondisi di mana batunya terbentuk. Hal itu dipengaruhi oleh berbagai factor, termasuk struktur tana dan kandungan lainnya yang terdapat di wilayah tersebut. Di Indonesia, batu opal yang dihasilkan adalah berwarna hitam, adapun Australia dan Ethiopia berwarna hijau.

Click to comment
To Top